23.2.08

Orang-orang Bermulut Besar

Orang-orang bermulut besar, siapa ya orang-orang yang masuk dalam golongan ini? Para politisi? Jelas. Some of them have only words to say without action (NATO: Not Action Talk Only). Mereka cuma ngomong yang tinggi-tinggi biar rakyat pada simpati ama mereka. Tapi setelah kepilih, entah janji mereka yang mana yang bisa dijalanin. Syukur-syukur kalo ada satu aja yang terwujud. Tapi kebanyakan emang nggak bisa.

Kenapa ya kebanyakan kaya gitu? Apakah memang karena sumber daya di sekitarnya yang kurang mendukung perwujudan janji-janji mereka? Kalo emang itu masalahnya, harusnya mereka review lagi janji-janji yang akan ditetapkan sebelum diumumkan di depan orang lain. Perlu liat constrain apa aja yang bisa menggagalkan terwujudnya janji tersebut. Kalo udah diliat constrain-nya, perlu dicari juga gimana ngatasinnya. Ngomongnya siy emang gampang yak. Tapi kan sebenernya ga se-simple itu juga. Dunia emang penuh ama kompleksitas segala sesuatu.

Mungkin emang pribadi para politisi itu juga yang hobinya ngomong doank? Kalo emang itu masalahnya, lebih sulit lagi. Biasanya yang kaya gini cenderung cuma merhatiin diri sendiri dan stakeholder-nya. Orang laen yang ga berkepentingan? Kalo ga mengganggu, ya dibiarin aja. Kalo menghambat performansi mereka, dibuang jauh-jauh dari peradaban. Bisa dikucilin di tempat terpencil, dipenjara, pokoknya para penghambat itu dibuat sedemikian rupa sehingga kreativitas mereka ga jalan. Jahat banget emang, tapi itulah yang terjadi saat ini. Contohnya? Pembunuhan Munir, salah satu aktivis HAM di Indonesia. Mungkin sang dalang pembunuhan tau kalo Munir punya 'kartu as'-nya yang bisa dibuka kapan aja di hadapan publik. Makanya dipilihlah skenario pembunuhan yang akan ngebungkam Munir selama-lamanya di dunia.

Siapa lagi yang tergolong orang-orang bermulut besar? Ga laen dan ga bukan ialah rakyat yang selalu ngomel kalo keinginannya ga bisa terpenuhi ama pemerintahnya. Bukan cuma ngomel, tapi mereka juga ngejek-ngejek pake nyebut kalo pemerintahan itu ga becus lah, goblok lah, dan sederetan makian lainnya. Kebanyakan ngomel, tapi jarang yang nyatain gimana solusinya. Atau mereka nyatain solusi tapi mereka sendiri ga ngelakuin solusi itu dan ga berusaha gimana caranya agar solusi tersebut bisa dijalanin. Lagi-lagi NATO.
Siapa lagi orang berikutnya yang tergolong bermulut besar? Ga laen dan ga bukan ialah gue sendiri. Ngapain gue di sini cuma nulis doank tapi ga ngapa-ngapain lagi? Ga ada kelanjutannya, ga jelas. Semoga Allah akan memberi hidayah-Nya buat kita semua biar kita semua bisa berbuat sesuatu untuk keluarga, masyarakat, bangsa, negara, bahkan dunia. Amiiin..

1 comment:

Yessi Pratiwi Surya Budhi said...

Mitha!!!
Tulisan yg bagus. Jadi anak PSIK aja lo harusnya..


*Becanda. Link balik ya :)