9.3.08

Wisuda 8 Maret 2008

Wisuda 8 Maret 2008.. entah kenapa saya ngerasa ada sesuatu yang spesial pada wisuda kali ini. Pertanyaan pertama: Apakah karena saya menjadi salah satu wisudawan? Jawab: Mungkin. Alhamdulillah, akhirnya saya lulus juga dari kampus saya itu. Ketika orang-orang bertanya: "Lulusan mana?" atau "Dari universitas mana?" atau pertanyaan serupa lainnya; dan saya menjawab: "Universitas X, Pak/Bu,", orang-orang itu menjawab, "Ooooh.. universitas X.". Kadang jawaban mereka terkesan mencibir. Atau hanya saya yang menganggapnya demikian? Saya menangkap kesan dari sikap orang-orang jenis ini kaya mereka ngomong dalam hati, "Bisa apa lo kalo udah lulus dari universitas X?" Wajar sih. Selama ini emang banyak orang menganggap kalo lulusan dari situ cuma bisa ngomong doang dan kerja sendiri (ga biasa kerja sama orang laen) serta cenderung menganggap rendah lulusan dari universitas lain.

Tapi ga sedikit juga yang berdecak kagum. Tanggapan orang-orang yang kagum ini biasanya diikuti dengan pernyataan, "Kamu pinter dong kalo gitu." Bangga juga sih dibilang kaya gitu. Tapi bener gitu saya pinter? Apa iya saya segitu lebih pinternya dari lulusan universitas lainnya? Tau dari mana? Apa buktinya? Sampai saat ini saya masih ga bisa ngejawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dan saya tetap ga yakin kalo kompetensi yang saya miliki melebihi lulusan universitas lain dengan jurusan yang sama. Tapi yang jelas, saya cukup bangga udah bisa lulus dari kampus saya itu. Ga sia-sia lah saya ngabisin 4,5 taun di sana. Bisa juga bikin orang tua saya bangga.

Pertanyaan kedua: Apakah karena performance MTI-ers yang okeh banged? Jawab: Mungkin banget. Entah kenapa kayanya performance MTI-ers emang paling bagus di syukuran wisuda kali ini. Ngeliat gimana panitia (kayanya sebagian besar MTI'06) begitu bekerja keras 'melayani' para wisudawan dan wisudawati dan terutama ngeliat performance seluruh MTI-ers di syukuran wisuda kemaren bikin saya terharu. Saya ga nyangka aja. Kenapa? Karena menurut saya, saya bukan siapa-siapa. Saya cuma bisa ngasih satu kebanggan buat MTI di bidang olah raga basket dan futsal yang menurut saya ga ada apa-apanya dibandingin apa yang udah saya dapet dari MTI. Tapi semua MTI-ers kaya ngasih yang terbaik saat 'melepas' saya dari TI. Mulai dari penampilan MTI'06 yang okeh, dance dari MTI'05 yang okeh banged, sampai drama musikal MTI'04 yang kocak dan agak aneh. Semuanya beneran keren abizzzzzzzz. Saya pribadi mau ngucapin terima kasih yang sebesar-besarnya buat kalian, MTI-ers.

Saya kadang-kadang ga sengaja ngebandingin antara masa-masa dan temen-temen kuliah saya dengan masa-masa dan temen-temen sekolah saya (terutama SMA). Entah kenapa, saya ngerasa lebih nyaman ketika saya menginjak masa-masa kuliah ini. Teman-teman kuliah saya ini lebih ramah, lebih enak ngobrolnya, lebih peduli satu sama lain. Bahkan, dengan teman-teman yang kurang dekat dengan saya pun saya merasa lebih nyaman dibandingkan dengan teman-teman sekolah saya yang tidak terlalu dekat. Kebetulan kehidupan saya sebelum kuliah saya habiskan di ibukota. Saya merasa teman-teman sekolah saya itu cenderung lebih individualis, ga seenak teman-teman kuliah saya ini. Kenapa ya? Apakah gara-gara pengaruh lingkungan? Ga tau juga. Waktu saya menanyakan hal ini pada salah satu teman saya, dia hanya menjawab mungkin karena sebagian besar anak-anak di Bandung ini (tempat saya kuliah) anak rantau. Tapi menurut saya ga juga. Anak-anak yang asli Bandung pun ga kalah friendly-nya sama anak-anak rantau. Apakah berarti lingkungan berdampak besar terhadap perkembangan karakter seseorang? Saya rasa jawabannya benar sekali. Segitu parahnyakah lingkungan Jakarta? Ga tau juga, ga ngerti juga. Kalo mau diteliti pasti bakal lama banget penelitiannya, secara perlu dilakukan bertaun-taun buat ngamatin pengaruh lingkungan terhadap perkembangan karakter populasi di lingkungan tersebut. Ada yang bisa menjawab hal ini?

Pertanyaan ketiga: Apakah karena proses menuju wisuda kali ini penuh warna? Jawab: Kayanya ini yang paling tepat. Secara banyak tragedi yang terjadi ama beberapa mahasiswa, baik yang udah dapet titel ST maupun yang masih berjalan menuju ke sana. Saya ga perlu nyebutin di sini. Saya hanya bisa berdoa dan berharap semoga teman-teman saya yang masih dalam perjalanan menuju kelulusannya bisa keluar dari kampus kita itu dengan kepala tegak. Biar kita semua bisa cepet2 mengamalkan ilmu yang kita dapet di dunia nyata.

Terlepas dari semua pertanyaan dan kemungkinan semua jawabannya, saya bersyukur karena pada akhirnya hingga saat ini saya bisa melalui wisuda sarjana. Alhamdulillah Ya Allah. Terima kasih karena Engkau masih memperpanjang umur saya hingga saat ini.


5 comments:

Mona said...

"Teman-teman kuliah saya ini lebih ramah, lebih enak ngobrolnya, lebih peduli satu sama lain."

Hihihi... jadi maluuu... hehehe..

Menurut gw ya mit.. Perbedaannya mungkin bukan di anak Jakarta atau anak Bandung, atau gimana.. Tapi anak SMA dan mahasiswa.

Anak SMA di Indonesia itu sangat terpengaruh oleh TV. Dan di TV image anak SMA ya seperti itu...

Kalo mahasiswa, bisa dibilang udah lebih pinter dikit lah.. lebih dewasa juga.. mungkin karena lebih [dipaksa] bertanggung jawab juga.. Jadinya, udah lebih tau mana sih yang bener, mana yang salah, mana yang penting, mana yang gak penting, mana yang perlu, dan mana yang gak perlu..

Menurut gw, mahasiswa itu lebih bisa berpikir dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, dan lebih bisa memikirkan segala sesuatunya lebih jelas.. gak mudah terpengaruh lagi seperti anak SMA.. gitu kali mit.. gw jadi ceramah gini.. hehehe..

Mit, ada yg lupa.. wisuda kemarin bukan hanya kita pisah ama MTI, tapi juga pisah ama sesama wisudawan.. gw pisah ama lo juga.. hehehe.. Gudlak w/ ur future ya mit.. Keep in touch ok!

Unknown said...

hihihi.. itu salah satu faktor kli ya mon.. kedewasaan..

hmm.. jadi pgn nulis lagi.. ngumpulin bahan ah...

Anonymous said...

ya ampuuunnn
aku sedih tidak ikut wisuda an kemarin,,,
hiks,,
gara2 'perjodohan'

Anonymous said...

spatu!! spakat dan setuju!! anak-anak asli Bandung emang friendly =p
huehe, narsis abiesh!! Tapi gw juga sangat merasakan hal itu kok mith. Tinggal 22 tahun d Bandung membuat gw sangat tidak menyukai Jakarta, terutama karena ke-insensitive-an orang-orangnya. Tapi no offense yah. Gw percaya kok, di antara pria-pria yg tidak rela memberikan kursi di bis kota buat seorang nenek, pasti masih banyak orang baik di Jakarta.
trus, trus,,sepakat juga klo syukwis kmaren itu adalah syukwis terbaik. Salut buat panitia & seluruh partisipan!!
eh btw, blog ny gw link yak =D

Unknown said...

eka: sok manga atuh klo mau di-link.. blog lo gue link juga yak..