11.3.08

Kedewasaan, Dewasa, Karakter

Apa ya yang dimaksud dengan kedewasaan itu? Kedewasaan berasal dari kata dewasa. Menurut Islam, orang yang udah mencapai usia baligh dapat dibilang udah dewasa. Baligh ialah kondisi di mana seseorang telah mengalami perubahan biologis sehingga dirinya dapat dibilang bukan anak-anak. Pada laki-laki, perubahan ini ditandai dengan berubahnya suara jadi nge-bass dan mimpi, sedangkan pada perempuan dengan munculnya menstruasi. Menurut Islam juga, orang yang udah dewasa secara biologis ini harusnya udah bisa membedakan mana yang bener dan mana yang salah.

Kalo kedewasaan jadi apa ya? Kalo kata wikipedia versi Inggris, kedewasaan itu menunjukkan kalo seseorang bisa menanggapi keadaan atau lingkungan tertentu dengan perilaku yang sesuai. Intinya mah orang itu bisa menyikapi keadaan atau lingkungan di sekitarnya dengan baik, tau kapan waktunya buat serius dan kapan bisa ga serius, dll. Dan setelah gue search juga, ternyata di Jepang ada aja gitu Hari Kedewasaan, dijadiin hari libur resmi, setiap hari senin minggu kedua bulan Januari.

Kedewasaan seseorang biasanya ga cuma dinilai ama dirinya sendiri. Kenapa? Kalo gitu mah berarti ga objektif donk. Belum tentu orang lain menilai dia dewasa. Jadi kalo seseorang berpendapat dia udah dewasa, sedangkan orang lain bilang belum, ya berarti orang itu mungkin aja belum sedewasa yang dia kira.

Jadi, kapan seseorang bisa disebut dewasa? Saat orang itu tau apa yang harus dia perbuat waktu mengahadapi suatu hal, bukan apa yang bisa dia perbuat. Misalnya, kalo seorang remaja tiba-tiba keabisan duit, dia pasti bakal minta duit ke orang tuanya. Bedanya ialah remaja yang dewasa ga akan meminta dengan merengek-rengek ke orang tuanya. Kalo misalnya ga dikasih atau belum dikasih saat itu, dia mungkin akan berpikir kalo mungkin dia emang boros banget jadi duit jajannya abis, atau mungkin orang tuanya belum punya uang lagi untuk ngasih uang jajan, dan berbagai alasan lainnya. Kalo remaja yang belum dewasa mungkin bakal merengek-rengek ke orang tuanya, trus kalo ga dikasih bakal ngambek sampe masuk kamar dan dikunci dari dalem. Sooooo childish!

Berhubungan dengan postingan sebelumnya (Wisuda 8 Maret 2008), gara2 ada temen yang comment, jadi kepikiran. Kalo gue ngerasa lebih nyaman bergaul ama temen-temen kuliah daripada temen sekolah (dalam hal ini SMA), apa iya karena waktu nginjek masa kuliah seseorang lebih dewasa dari masa-masa sebelumnya? People change, but characters can't be changed easily. Jadi, kayanya ga cuma sekedar itu teman. Mungkin lebih ke karakter orang-orangnya yang emang udah dibangun dari jaman waktu seseorang lahir di dunia ini. Ga tau juga siy. Gue kurang ngerti masalah kaya gini. Kadang pengen juga gue mendalami ilmu yang berhubungan dengan personal orang. Belum kesampean aja.

Berhubungan juga ama postingan sebelumnya (Change another person into 'a good one'), karakter seseorang emang udah susah dirubah. Sebelum merubah orang lain, kita harus ngaca dulu dan menilai apakah diri kita udah sesuai ama standard kelakuan baik kita sendiri. Kalo belum ya jangan coba-coba buat merubah orang lain karena bakalan percuma aja. Dan sama dengan kedewasaan, karakter juga hanya bisa dinilai lewat kaca mata orang lain. So, ada untungnya juga manusia harus jadi makhluk sosial karena kalo ga gitu dia ga akan bisa nilai dirinya sendiri.

2 comments:

Nadira Kids n Adults said...

I feel the same with u do..

Anonymous said...

jangan liat siapa yang berkata tapi liat apa yang dikatakan.. tolong sodara lebih mendengar , berfikir, karena ciri2 orang dewasa harus lebih banyak berfikir dari pada berbicara ..