24.4.08

Mimpi

Pernah ga kalian mimpi akan suatu hal/kejadian yang pada suatu saat, entah itu langsung saat itu juga ataupun beberapa saat setelahnya, kejadian persis dengan mimpi kalian itu? Saya beberapa kali mengalami kejadian itu. Jadi semacam dejavu gitu deh. Yang saya bingung, emang bisa ya kejadian kaya gitu?

Ada beberapa teori tentang mimpi:

"Dalam suatu masyarakat peradaban, kita cenderung untuk menahan keinginan dan kata hati. Selama kita terjaga, keinginan dan kata hati itu tertahan oleh superego yang bertindak sebagai semacam sensor terhadap keinginan dan kata hati tersebut. Ketika kita tidur, kita berada di alam bawah sadar, di mana superego kita tidak dapat bereaksi seperti ketika kita terjaga. Akibatnya, alam bawah sadar ini akan 'mengeluarkan' keinginan dan kata hati kita ketika tidur dalam bentuk mimpi."

Kalau baca teori Freud ini, dia kaya' bilang manusia itu punya dua kepribadian yang berbeda antara ketika dia sadar dan ketika dia ga sadar. Freud juga kaya'nya bilang kalau tindakan dan perilaku manusia itu dikendalikan oleh alam bawah sadar.

Hmm.. kaya'nya kok aneh ya? Secara waktu kita terjaga itu ialah justru waktu di mana kita bisa mengendalikan semua tindakan dan perilaku kita. Hhhh.. Freud yang aneh..

"Mimpi itu bisa mengendalikan manusia ketika dia terjaga. Kalau kita bisa menginterpretasikan mimpi dengan baik, maka kita bakal bisa menyelesaikan masalah yang bakal kita hadapi nantinya."

Kaya'nya teori ini yang lebih sesuai buat saya dibanding teori mimpi Freud.

"Mimpi itu merupakan jendela manusia dengan alam bawah sadar, serta merupakan cara untuk berkomunikasi dan memperlajari alam bawah sadar manusia itu sendiri. Lewat mimpi, manusia seperti mendapatkan petunjuk mengenai solusi atas permasalahan yang dihadapi manusia ketika terjaga."

Hmm.. yang ini kaya'nya gabungan dari teorinya Freud dan Adler ya. Saya juga lebih setuju dengan teori ini dibandingkan dengan dua teori sebelumnya.

Selain-dari teori-teori tentang mimpi itu, ternyata ada juga cara menginterpretasikan mimpi yang kita alamin. Cara-caranya bisa diliat di http://library.thinkquest.org/11130/data/interpret/interpreting.html dan http://library.thinkquest.org/11130/data/interpret/symbolism.html.

Happy interpreting your own dreams! :)

3 comments:

Anonymous said...

wah, saya udah lama nggak mimpi. berarti nggak punya alam bawah sadar?

Yessi Pratiwi Surya Budhi said...

Lihat tulisan saya tentang mimpi di : pernik ilmu,

http://myscienceblogs.com/kids/2007/09/28/mimpi/

hehehe, nge-Spam :)

Sist, where r U now?

Unknown said...

to ikram: saya juga jarang bgt bisa mimpi.. tapi anehnya klo lagi ngelakuin sesuatu pernah kaya deja vu gitu.. yah, wallaahu a'lam juga ya.. toh, alam bawah sadar juga ga cuma bisa diakses lewat mimpi aja..

to echi: gue udah baca tulisan lo ttg mimpi.. klo jantung kembali aktif itu sama ga kaya waktu lo sadar? trus, apa waktu jantung aktif lagi itu kita pasti mengalami mimpi?
gue masih di bandung chi.. lagi bantuin proyek p'bambang.. how's ur final project?