26.6.08

Dia Yang Telah Pergi (1)

Sori klo postingan kali ini agak-agak mellow. Saya masih mengenang salah satu anggota keluarga saya yang baru aja meninggal dunia. Berhubung saya bingung mau cerita ke siapa lagi. Sebenernya saya udah cerita ke beberapa orang, tapi masih kaya ada yang ganjel gitu. Sindrom introvert-kah? Wahahaha! Kurang tau juga saya.

Jum'at, 20 Juni 2008, di Bandung

Seperti biasa, saya berangkat jam 7.30 dari kos saya di daerah Dago menuju ke tempat magang (biasa disebut BCG - Bambang Consulting Group) di belakang Masjid Salman Jl. Ganesha. Saya sampe di BCG sekitar jam 8.00. Hari itu berjalan kaya biasanya sampe kira-kira jam 14.30.

Kebetulan saya sempet ke kamar kecil sebentar. Waktu saya balik ke ruangan, Mogi, salah satu temen yang ikut magang juga bilang, "Mit, tadi kayanya ada telepon deh."

Langsung saya ambil handphone saya di atas meja. Terlihat tulisan "1 missed call". Saya lihat ID/nomor penelepon, "Cinere". Sambil men-dial nomor ibu saya (saya mengira ibu saya yang telepon, saya terbiasa menelepon langsung ke handphone-nya daripada ke rumah), saya keluar ruangan. Percakapan antara saya dan ibu kira-kira kaya gini:

"Halo, Bu. Tadi telepon? Kenapa?"
"De', bapak di rumah sakit," ibu sambil nangis.
"Lho?! Kenapa?"
"Ga tau. Tadi ibu ditelepon suti (pembantu di rumah), terus kata satpam ibu dan anak-anak kalo bisa langsung ke rumah sakit."
"Jadi, aku perlu pulang bu?"
"Iya pulang dong, De'"
"Ya udah aku beres-beres dulu bentar yah. Trus aku langsung pulang."

Saya langsung beres-beres, masih nyantai kaya ga ada apa-apa. Kira-kira 5 menit setelah itu, saya ditelepon. Saya lihat handphone, "Cinere". Saya angkat, ternyata pembantu saya di rumah. Seinget saya, nada bicara Mba Suti ga kaya biasanya. Kedengeran sedih campur panik, pokoknya beneran ga jelas gitu lah. Kira-kira kaya gini obrolannya:

"Halo, Mba Mitha."
"Iya, Mba."
"Mba Mitha udah mau pulang?"
"Iya, Mba, saya udah mau pulang. Bapak kenapa, Mba?"
"Mba Mitha cepet pulang ya. Bapak sakit."
"Bapak sakit apa, Mba."
"Pokoknya Mba Mitha cepet pulang, ya."
"Ya udah, Mba, saya langsung pulang, ya."

Saya inget saya keluar ruangan bareng Adi, temen saya magang juga. Dia mau ke masjid buat sholat ashar. Perasaan saya udah mulai ga enak waktu itu. Udah ga jelas banget lah pokoknya. Waktu mau keluar nyari angkot itu, saya sempet ngobrol sama Adi, kira-kira kaya gini:

"Kok perasaan gue ga enak ya, Di? Gue takut bokap gue kenapa-kenapa, niy."
"Yaa.. doain aja, lah, Mit. Mudah-mudahan bokap lo ga apa-apa."
"Mudah-mudahan ya, Di."

Saya langsung berjalan menuju ke tempat angkot. Sambil jalan saya masih mikir saya mau balik ke kosan dulu atau langsung ke tempat travel. Akhirnya saya langsung ke tempat travel.
Di tempat travel, waktu saya tanya ke petugas travelnya, ternyata ga ada lagi seat yang kosong sampe jam 20.00. Mulai ga bisa mikir. Ga berapa lama, oom saya, adik cowonya bapak yang pertama, telepon. Kira-kira gini obrolannya:

"De', lagi di mana?"
"Ini, Oom udah mau pulang. Lagi di tempat travel."
"Oke deh. De', bapak udah ga ada, ya."
"Oh, iya, Oom."
"Ya udah gitu aja, ya, De'. Ditunggu di rumah, ya."
"Oke, Oom."

Saya langsung bengong, ga tau mau ngapain. Pertama saya sms Mogi dan Adi. Lanjut telepon Irin, salah satu temen deket saya. Trus sms Ayu juga. Akhirnya saya menerima tawaran Mogi buat nganterin pulang ke rumah. Sebenernya di menit-menit terakhir ada seat yang kosong, tapi saya pikir saya pulang bareng Mogi aja. Takut saya sendiri kenapa-kenapa di jalan. Maaf banget dan makasih banget ya, Mogi. Akhirnya, saya bertiga bareng Mogi dan Alin Harahap pulang ke rumah saya di Cinere, Depok.

To be continued ...

5 comments:

Unknown said...

Mitha yang selalu tenang,,insyaAllah mitha pasti tabah&kuat..:)

-i'm waiting for ur next story-

Unknown said...

hihihi.. emang gue slalu tenang ya nanche? alhamdulillah klo gitu, heheh.. cerita lanjutannya lg dibuat nda..

btw, gmn trainingnya?

.diahparamitha. said...

maaf ga sempet ngelayat ya mit..T_T

semangat ya kakakku..

Unknown said...

gapapa kok di.. santai sajah.. heheh..

makasiy ya de'..

Anonymous said...

mith,,,

gw baru baca postingan2 lo,,

menurut gw,, lo harusnya jadi penulis. Kerja di media atau bahkan bikin buku,,
gw mau koq jadi editornya..

tulisan2 lo itu bagus2 bgt,,
ide nya juag keren,,hehhe..

maap ga nanggepin isi postingannya hehe,,

miss u sist!